Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengizinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik perusahaan maupun pelamar.
Berikut ini tips dan trik menulis dan mengirimkan surat lamaran di email yang dikutip dari bursa-kerja.ptktp.net.
· Judul Email
Tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut “lamaran untuk posisi manajer pemasaran”.
Nb: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
· Dimana Surat Lamaran Ditulis
Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum, surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).
· Bagaimana Dengan Resume
Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.
· Jenis File Attach Yang Dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file ms word, terkadang mereka menginjikan anda untuk mengirimkan file berformay .pdf atau .xls atau .txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file ms word (.doc).
· Ukuran/Bobot (Size) Email
Usahakan ukuran email anda termasuk attach tidak melebihi 300 kb.
· Dijadikan Satu Dalam Bentuk Zip
· File Attach Yang Terlalu Besar Akan Diabaikan
· Lakukan Uji Coba Pengiriman Email Ke Alamat Email Anda Yang Lainnya
Uji coba pengiriman ini sangat diperlukan. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari yahoo ke gmail, atau sebaliknya. (Berbagai Sumber)
0 komentar:
Posting Komentar