Labels

Senin, Januari 05, 2009

Tips Dan Trik Kirim Surat Lamaran Lewat Via Email

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengizinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik perusahaan maupun pelamar.

Berikut ini tips dan trik menulis dan mengirimkan surat lamaran di email yang dikutip dari bursa-kerja.ptktp.net.

· Judul Email

Tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut “lamaran untuk posisi manajer pemasaran”.

Nb: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

· Dimana Surat Lamaran Ditulis

Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum, surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

· Bagaimana Dengan Resume

Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

· Jenis File Attach Yang Dikirim

Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file ms word, terkadang mereka menginjikan anda untuk mengirimkan file berformay .pdf atau .xls atau .txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file ms word (.doc).

· Ukuran/Bobot (Size) Email

Usahakan ukuran email anda termasuk attach tidak melebihi 300 kb.

· Dijadikan Satu Dalam Bentuk Zip

· File Attach Yang Terlalu Besar Akan Diabaikan

· Lakukan Uji Coba Pengiriman Email Ke Alamat Email Anda Yang Lainnya

Uji coba pengiriman ini sangat diperlukan. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari yahoo ke gmail, atau sebaliknya. (Berbagai Sumber)

0 komentar: