Labels

Sabtu, November 22, 2008

Hari Pertama Kerja

Pindah ke tempat kerja baru kadang menjadi hal yang menakutkan sekaligus menggembirakan.

Takut, grogi, dan waswas, bercampur dengan rasa antusias. Perasaan yang campur aduk itu membuat orang tidak jarang melakukan kesalahan-kesalahan konyol di hari pertama masuk kerja.

Mulai dari jatuh dari kursi saat ingin memperkenalkan diri, hingga salah menyebutkan nama sendiri. Namun, perasaan itu tidak perlu berlarut-larut sehingga mempengaruhi kinerja karena Anda harus segera unjuk gigi alias menunjukkan kemampuan, asalkan jangan kelewatan sehingga mengesankan Anda sok tahu.

Berikut Tip Yang Dapat Membantu Anda Menghadapi Tempat Kerja Baru:

Apa Pekerjaanku

Pelajari seluruh bagian pekerjaan Anda sampai sedetil mungkin. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Bila memungkinkan, mintalah rincian tugas dan kewajiban secara tertulis kepada atasan.

Malu Bertanya Sesat di jalan

Pepatah di atas cocok hampir di segala situasi. Usahakan untuk bertanya tentang segala sesuatu. Di hari pertama, wajar bila masih “Menerka-nerka gambaran pekerjaan", sehingga lebih baik tanyakan kepada atasan sebelum memulai pekerjaan daripada keburu membuat kesalahan.

Kesan Pertama Penting

Kadang orang melupakan pentingnya kesan pertama. Buatlah diri Anda nyaman dan tenang saat berada di lingkungan baru sehingga menunjukkan pribadi yang penuh percaya diri. Contohnya saat berjabat tangan untuk berkenalan, usahakan untuk menjabat erat dan memandang mata orang yang diajak salaman. Hal ini menunjukkan bahwa Anda orang yang bersahabat, hangat dan tegas.

Menjalin Hubungan

Setelah berkenalan, selanjutnya menjalin komunikasi dengan rekan sekantor dan atasan. Dengan komunikasi yang terbuka, niscaya suasana akan jadi lebih cair sehingga Anda dapat menjadi lebih akrab dengan teman-teman baru. Dengan begitu, Anda dapat merasa betah dan diterima,

Hindari konflik

Konflik dalam kantor merupakan hal biasa. Perselisihan antar teman sekantor atau terjadinya kubu-kubu tertentu merupakan hal yang jamak. Namun usahakan untuk menghindar dari pemihakan terhadap kubu-kubu yang ada tersebut. Ingat, Anda masih karyawan baru dan tindakan memihak tersebut hanya akan mempersulit diri sendiri. Lebih bali bertemanlah dengan semua orang sehingga hari-hari Anda terasa indah karena punya banyak teman. (Dari berbagai sumber)

0 komentar: