Apapun bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini, pastikan anda menjalin komuniksi yang baik dengan atasan maupun rekan kerja. Seperti diungkapkan Connie Podesta dan Jean Gatz dalam buku berjudul “Sukses berbicara dengan siapa saja” bahwa gaya komunikasi yang efektif dapat membantu mencapai keberhasilan dalam setiap karier. Jadi bila tidak ingin karier terancam hanya karena diangap bersikap kelewat batas, maka jagalah cara pergaulan anda.
Berkomunikasi dengan atasan
Salah satu kunci komunikasi dalam karier adalah anda harus menyadari adanya batasan yang berlaku terutama dengan atasan. Berikut kunci sukses komunikasi dengan atasan.
Hindari cara mengutarakan sesuatu seolah-olah kedudukan Anda setingkat
Ingatlah bahwa keakraban ada batasnya saat berada di lingkungan kerja.
Hindari pembicaraan yang terlalu pribadi
Biarkan atasan mengendalikan pembicaraan, anda harus bisa mengantisipasinya
Sesuaikan selera humor, hindari cerita yang dapat menghina atasan.
Berkomunikasi dengan rekan kerja
Mulailah memahami karakter rekan kerja anda. Komunikasi yang lancar dengan rekan kerja dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Berikut ini tips suksesnya
Beri pujian pada rekan kerja atas apa yang telah mereka lakukan
Akui keberadaannya dan hangai kerja kerasnya
Hormati rekan anda maka mereka akan menghormati anda
Sampaikan permintaan tolong Anda dengan sopan tanpa terkesan memerintah
Bersikaplah fleksibel, cobalah berempati dengan perasaan dan keadaan rekan kerja
Sampaikan kritik anda dengan baik
Berbesar hatilah untuk mengakui kesalahan yang Anda buat.
Source: simpatizone edisi 12
0 komentar:
Posting Komentar